Evaluasi Pembelajaran Unik dan Menarik Di Kelas

evaluasi pembelajaran

Hallo para pendidik, kami akan berbagi evaluasi pembelajaran unik dan menarik di kelas. Pada proses pembelajaran yang kita lakukan setiap harinya di dalam kelas, tidak luput dari usaha-usaha guru dalam mempersiapkan segala sesuatunya sebelum menyampaikan kepada peserta didik.

Evaluasi pembelajaran unik dan menarik ini dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan bukan hanya sekedar lewat begitu saja, melainkan bisa berkesan pada peserta didik dan terpenting membuat peserta didik menjadi paham dengan apa yang disampaikan pada hari itu.

Pengertian Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran adalah proses pengumpulan dan analisis data mengenai pencapaian tujuan pembelajaran serta efektivitas metode dan strategi pembelajaran yang digunakan. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk memahami sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, menilai keefektifan proses pembelajaran, dan mengidentifikasi area yang perlu perbaikan.

Evaluasi pembelajaran melibatkan pengumpulan informasi melalui berbagai metode dan instrumen evaluasi, seperti tes, tugas, proyek, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pencapaian peserta didik, keberhasilan metode pengajaran, dan kebutuhan perbaikan.

Berhasil tidaknya penyampaian kita dalam proses pembelajaran bisa dilihat dari bagaimana hasil yang diperoleh oleh peserta didik. Maka dari itu, biasanya guru akan melakukan evaluasi setiap bagian selesai. Evaluasi ini biasa kita sebut dengan istilah Ulangan Harian. Tujuannya tentu saja untuk melihat bagaimana tingkat kemampuan peserta didik mengenai materi tersebut. Apakah sudah paham secara utuh, sebagian, atau bahkan tidak sedikitpun.

Agar kelas menjadi menarik dan peserta didik menjadi semangat, bahkan pada saat evaluasipun, guru harus kreatif menyajikan bentuk evaluasi. Tidak hanya berpaku pada model evaluasi seperti biasanya yakni memberikan pertanyaan dalam bentuk kertas, lalu peserta didik menjawabnya. Atau bentuk lain seperti tanya jawab secara individu dalam bentuk ujian lisan.

Bentuk-Bentuk Evaluasi Pembelajaran Unik dan Menarik

Berikut ini adalah bentuk-bentuk evaluasi pembelajaran unik dan menarik yang bisa Bapak dan Ibu guru coba, agar menjadikan kelas evaluasi pembelajaran kita lebih berwarna dan berkesan bagi peserta didik.

Baca Juga  Seperti Ini Membangun Kedekatan Guru Dengan Siswa

Evaluasi Pembelajaran : Peserta didik Dengar, Peserta didik Jawab

Bentuk evaluasi yang pertama ini terinsipirasi dari bentuk soal ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Yang mana didalamnya terdapat Ujian Listening. Dalam ujian seperti ini, kita akan diperdengarkan sebuah cerita melalui speaker yang disediakan dan juga terdapat pertanyaan yang disediakan untuk dijawab berdasarkan apa yang kita dengarkan.

Evaluasi “Peserta didik Dengar, Peserta didik Jawab” adalah bentuk evaluasi yang mengaktifkan pendengaran peserta didik, kemampuan menyimaknya, dan juga kemampuan mencocokkan antara soal yang diterima dengan jawaban yang didengar. Dengan evaluasi ini, kelas bisa menjadi sedikit lebih tenang karena tidak adanya komunikasi antar peserta didik dalam memberi dan menerima jawaban. Hal ini dikarenakan setiap peserta didik fokus dalam mendengarkan cerita atau materi yang diperdengarkan. 

Namun, yang perlu diperhatikan oleh Bapak dan Ibu guru jika akan menggunakan model evaluasi satu ini adalah mempersiapkan speaker yang jangkauan suaranya bisa mencakup seluruh bagian kelas secara merata. Karena jika suara speaker tidak terdengar sampai ke bagian-bagian belakang, maka akan menimbulkan kegaduhan akibat adanya protes dari peserta didik.

Selain itu, jika kelas yang akan diterapkan model evaluasi ini memiliki peserta didik yang cukup banyak, maka guru sebaiknya membagi kelompok. Kelompok ini akan secara bergantian masuk ke kelas untuk evaluasi.

Langkah-langkah evaluasi:

  • Guru menyiapkan sebuah video/suara yang menjelaskan tentang materi yang akan dievaluasikan. Ingat, gunakan speaker yang jangkauannya ke seluruh bagian kelas.
  • Guru menuliskan pertanyaan di atas papan. Usahakan pertanyaan yang dituliskan, semua jawabannya terdapat pada suara yang akan diperdengarkan.
  • Jika seluruh peserta didik sudah siap, maka berikan peserta didik penjelasan bahwa suara hanya diulangi sekali saja dan tidak ada sistem stop-stop selama suara diputarkan (Jumlah pengulangan adalah kebijakan guru)
  • Berikan kesempatan kepada peserta didik selama 5-10 menit untuk membaca dengan baik pertanyaan yang sudah disediakan.
  • Mulai putar suara yang sudah disiapkan.
  • Peserta didik akan menyimak suara sambil menuliskan jawaban yang dianggap sesuai pertanyaan di atas kertas.
  • Jika sudah selesai, peserta didik boleh mengumpulkan kertasnya.
Baca Juga  Mengenal 5 Teori Perkembangan Pada Peserta Didik

Evaluasi Pembelajaran : Teka-Teki Silang (TTS)

Siapa yang tidak kenal dengan permainan Teka-Teki Silang? Hampir semua orang tau cara main dari permainan ini. Apalagi TTS saat ini  bukan hanya bisa dimainkan di kertas, tetapi juga bisa dimainkan di HP dalam bentuk aplikasi game.

Pengaplikasian TTS ternyata juga bisa digunakan pada bentuk evaluasi sekolah. Selain tidak membosankan, peserta didik akan menjadi lebih tertarik karena bentuk yang tidak sama seperti biasanya. Manfaat lain dari penggunaan TTS dalam proses evaluasi adalah peserta didik akan menjadi lebih kritis dalam berpikir karena jawaban yag harus dituliskan tidak boleh ngasal, melainkan peserta didik harus menemukan jawaban yang sesuai dengan jumlah kata yang disediakan.

Bahkan jika ingin menambah kreatifitas peserta didik dalam evaluasi, guru bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menghias lembar kertas TTSnya dan itu bisa dinilai sebagai kreatifitas.

Langkah-langkah Evaluasi:

  • Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya hanya terdiri dari 1 kata.
  • Guru membuat TTS dengan menggunakan web https://www.puzzle-maker.com/
  • Guru mencetak TTS yang sudah dibuat dan dibagikan kepada setiap peserta didik pada waktu evaluasi.
  • Peserta didik diberikan kesempatan menghias kertas evaluasi yang sudah diselesaikan.
  • Peserta didik mengumpulkan kertas evaluasi kepada guru.

Penutup

Itu dia, evaluasi pembelajaran unik dan menarik di kelas yang bisa dicoba. Coba lihat reaksi peserta didik Bapak dan Ibu guru ketika diberikan bentuk evaluasi di atas. Jika menarik, bisa jadi, Evaluasi adalah hal yang paling ditunggu oleh peserta didik setiap selesai 1 BAB pelajaran. Kira-kira apalagi bentuk evaluasi unik yang lain? Nantikan di Bagian selanjutnya! Salam pendidikan.

Scroll to Top
Open chat
Hallo, Kami siap membantu masalah Anda.