Modul Ajar Bahasa Arab Kelas X SMA/MA Kurikulum Merdeka Terbaru

modul ajar bahasa arab kelas x

Hallo sahabat pendidik, kami menyediakan Modul Ajar Bahasa Arab Kelas X SMA/MA Kurikulum Merdeka yang sudah siap, hanya tinggal pengeditan saja pada bagian nama sekolah, guru dan kepala sekolah saja. Modul Ajar Bahasa Arab ini dapat dipergunakan oleh teman-teman pendidik dalam pembelajaran maupun keperluan administrasi.

Mata Pelajaran Bahasa Arab merupakan mata pelajaran bahasa asing selain dari bahasa inggris dan bahasa jerman yang diajarkan di sekolah. Penguasaan dalam berbahasa arab merupakan sebuah tuntutan dalam era globalisasi saat ini. Tidak menutup kemungkinan terdapat siswa yang nantinya akan melanjutkan pendidikannya ke negara-negara timur tengah yang diharuskan memiliki dasar dalam berbahasa arab.

Materi Ajar Dalam Modul Ajar Bahasa Arab Kelas X

Berikut ini lingkup materi bahasa arab kelas X untuk Bab 1 dan Bab 2 yaitu:

  • Memberi Salam dan Berkenalan
  • Keluarga dan Rumah
  • Sekolah dan Lingkungan Sekitar
  • Kehidupan Sehari-hari
  • Hobi
  • Makanan dan Minuman

Capaian Pembelajaran (CP) Modul Ajar Bahasa Arab Kelas X

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan mengevaluasi informasi, membangun interaksi, serta merefleksi beberapa paragraf dalam berbagai jenis teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya dalam konteks sosial, serta juga mampu menghubungkan, memaparkan kalimat dan membuat urutan yang terhubung secara logis ke dalam paragraf pada wacana terbatas dari berbagai teks secara tulis dan lisan untuk penguatan karakter.

Capaian pembelajaran Bahasa Arab ini berlaku juga untuk Madrasah Aliyah. Adapun capaian pembelajaran sebagai berikut:

Baca Juga  Modul Ajar Biologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka Terbaru 2023
ElemenCapaian Pembelajaran
MenyimakPeserta didik mampu mengevaluasi informasi tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal.
BerbicaraPeserta didik mampu membangun interaksi dengan teks kompleks tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal.
Membaca-MemirsaPeserta didik mampu memahami dan merefleksi beberapa paragraf dalam teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks.
Menulis-MempresentasikanPeserta didik mampu menghubungkan dan memaparkan kalimat ke dalam paragraf pada wacana terbatas, dan membuat urutan yang terhubung secara logis tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal untuk mengungkapkan gagasan sesuai dengan struktur teks secara tulis dan lisan.

Struktur Modul Ajar Bahasa Arab Kelas X

Susunan ataupun struktur dalam modul ajar umumnya meliputi sebagai berikut:

Informasi Umum

  • Identitas Modul : Dalam modul ajar identitas ini meliputi nama penyusun, nama sekolah, mata pelajaran, kelas, fase, semester, elemen, maupun alokasi waktu.
  • Kompetensi awal : Merupakan kemampuan yang harus dimiliki sebelum mempelajari materi tersebut.
  • Profil Pelajar Pancasila : Capaian terhadap Pancasila yang diinginkan seperti bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global.
  • Sarana dan Prasarana: Terdiri atas media dan sumber belajar yang digunakan. Media dapat meliputi LCD proyektor, komputer/laptop, jaringan internet, dan lain-lain. Sedangkan sumber belajar meliputi LKPD, Buku Teks, laman E-learning, E-book, dan lain-lain.
  • Target Peserta Didik : Meliputi peserta didik yang terdapat dalam pembelajaran, misalnya Peserta didik cerdas istimewa berbakat dan peserta didik regular.
  • Model dan Metode Pembelajaran : Dalam hal ini model pembelajaran yang digunakan seperti discovery learning, problem based learning dan lain sebagainya. Sedangkan metode seperti Tanya Jawab, Diskusi.
Baca Juga  Modul Ajar Sejarah Kelas 11 Fase F SMA/MA Kurikulum Merdeka Lengkap

Kompetensi Inti

  • Tujuan Pembelajaran : Hal yang akan dicapai dalam sebuah pembelajaran.
  • Pemahaman Bermakna : Sebuah pemahaman yang bersifat pemaknaan dari pembelajaran yang sudah berlangsung. Misalnya Dengan mempelajari bahasa Arab, peserta didik memiliki kecakapan berbahasa, yaitu mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan secara verbal-komunikatif, menginternalisasi keterampilan berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi.
  • Pertanyaan Pemantik : Serangkaian pertanyaan untuk memicu peserta didik dalam belajar.
  • Kegiatan Pembelajaran : Proses pembelajaran yang berlangsung mulai dari pendahuluan, kegiatan inti sampai pada kegiatan penutup.
  • Asesmen/Penilaian : Terdiri dari asesmen sumatif, asesmen formatif dan asesmen keterampilan.
  • Pengayaan dan Remedial: Bagi peserta didik yang belum mencapai nilai KKM maka diberikan pengayaan dan remedial untuk memperbaiki nilai tersebut.
  • Refleksi Guru dan Peserta Didik : Sebagai bentuk evaluasi atau perbaikan selama proses pembelajaran, apa yang perlu diperbaiki, apa yang perlu dibenahi.

Penutup

Demikianlah modul ajar bahasa arab kelas x sma/ma kurikulum merdeka yang dapat kami bagikan terhadap teman-teman pendidik. Dalam modul ajar sudah dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik (LKPD), materi ajar, dan asesmen. Apabila ingin mendapatkan file lengkap dari modul ajar bahasa arab kelas x ini dapat mengubungi Kontak WhatsApp kami yang terterah di bawah ini. Terima kasih.

Scroll to Top
Open chat
Hallo, Kami siap membantu masalah Anda.