Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Berbantuan Simulasi Multimedia PhET

keterampilan proses sains melalui model pembelajaran guided discovery
 

Analisis Keterampilan Proses Sains – Pada kesempatan kali ini akan berbagi artikel. Artikel ini merupakan hasil dari penelitian yang telah saya lakukan sebagai syarat untuk mendapat gelar.

Penelitian ini merupakan penelitian praeskperimen dengan desain One Shot Case Study. Metode pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi untuk melihat aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang akan digunakan adalah pilihan ganda dan lembar observasi.

Bagi teman-teman yang sedang membutuhkan referensi untuk penyusunan skripsi, kalian bisa download artikel ini.

Penulis : Risman

Judul : Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik MAN 1 Polewali Mandar Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Simulasi Multimedia PhET

Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran guided discovery berbantuan simulasi multimedia PhET. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Polewali Mandar tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel kelas XI.MIPA 1 yang berjumlah 36 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes berupa tes keterampilan proses sains dan instrument nontes berupa lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh gambaran keterampilan proses sains peserta didik yang terbentuk dengan melalui model pembelajaran guided discovery berada pada kategori baik. Gambaran keterampilan proses sains peserta didik laki-laki lebih unggul dibandingkan dengan peserta didik perempuan. Skor hasil belajar fisika memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran di kelas yaitu skor rata-rata siswa lebih besar dari nilai KKM yang telah di tetapkan disekolah.

Referensi :

Alfama, A. (2015). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Materi Fluida Statis Kelas X SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 (p. 5). Bandung: Departemen Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca Juga  Analisis Hasil Belajar Fisika Pada Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Pemanfaatan Lingkungan

Jufri,W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kurniawan, A. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka. Proceeding Biology Education Conference, 417.

Yuli, E. (2015). Penguasaan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Kodifikasia, 192.

Yusuf, R. (2017). Peningkatan KPS Siswa Laki-Laki dan Perempuan Menggunakan LKS Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 244.

Silahkan klik di bawah ini:

1 komentar untuk “Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Berbantuan Simulasi Multimedia PhET”

Komentar ditutup.

Scroll to Top
Open chat
Hallo, Kami siap membantu masalah Anda.