Penjelasan Public Relations : Pengertian, Tugas, Fungsi dan Keahlian

public relations

Apa itu public relation? Seberapa pentingnya public relations dalam sebuah perusahaan? Seorang public relations diharuskan memiliki komunikasi yang unik dan menarik.

Citra perusahaan dapat terbangun lewat public relations, apabila kekurangan informasi yang di sampaikan dari public relations akan berbahaya terhadap perusahaan. Terlebih jika pihak lain menggoreng informasi tersebut dan publik memakan mentah-mentah tanpa mencernanya terlebih dahulu.

Pengertian Publik Relations

Public relation secara terminologi berasal dari dua kata “public” dan “relations”. Jika diartikan ke bahasa Indonesia kata pertama dapat diartikkan sebagai publik, kata kedua dapat diartikan sebagai hubungan dengan publik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari Publik yaitu orang banyak (umum); semua orang yang datang (menonton, mengunjungi). Sedangkan arti kata hubungan yaitu kontak, sangkut-paut, ikatan;pertalian (keluarga, persahabatan, dan sebagainya).

Dapat diartikan suatu proses yang sudah direncanakan serta berlangsung dalam waktu terus-menerus dan berkesinambungan, dimana tujuan tersebut untuk membangun, menjaga serta mempertahankan citra dari perusahaan.

Orang yang menjadi public relation hendaknya bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan dalam perusahaan, juga pada rekan bisnis, maupun media . Hal yang tidak kalah penting adalah target audiens. Media menjadi kebutuhan dalam kegiatan public relations. Media modern yang sering digunakan seperti youtube, instagram, tiktok, TV.

Tugas Public Relations

Terdapat berbagai tugas yang diemban, tentunya terdapat beberapa perbedaan pada setiap perusahaan, tetapi umumnya mereka memiliki tugas yaitu :

  1. Membangun hubungan yang baik dengan media, jurnalis maupun masyarakat umum dan memastikan terbangun citra positif dari perusahaan.
  2. Membuat strategi apabila terdapat krisis yang terjadi dalam perusahaan. Dan menyampaikan maksud perusahaan kepada publik dengan efektif.
  3. Mengelolah akun media sosial dari perusahaan serta berinteraksi dengan pengikut untuk melakukan promosi, menjawab pertanyaan dan memberikan feedback kepada publik.
  4. Melakukan analisa serta evaluasi strategi publik relations untuk perbaikan di masa mendatang.
Baca Juga  Resume Paper Aplikasi Fungsi Bessel Untuk Solusi Masalah Sistem Koordinat Silinder

Tugas utamanya yakni melakukan komunikasi terhadap keadaan yang sebenarnya dari kondisi krisis dan penanganan yang sudah dan akan dilaksanakan. Tugas public relation yang dijabarkan sebagai proses yang berkelanjutan pihak manajemen perusahaan dalam mensosialisasikan budaya perusahaan baik dari etika maupun norma yang harus dilaksanakan dan dipatuhi oleh public relation.

Fungsi Seorang Public Relations

Fungsi utama yang dimiliki public relations yaitu 1) menumbuhka serta mengembangkan komunikasi maupun hubungan yang baik diantara perusahaan, lembaga maupun organisasi. 2) membangun motivasi untuk terciptanya pendapat publik yang menguntungkan perusahaan. 3) menitikberatkan pada moral dan tingkah laku yang baik. 4) komunikasi mejadi alat untuk tercapainya harmoni public opinion.

Fungsi luar yaitu mengusaakan tumbuhnya citra posiif di masyarakat terhadap tindakan maupun kebijakan sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi. Sehingga setiap anggota hendaknya memberikan image yang positif.

Sedangkan fungsi dalam yaitu mampu mengenali dan mengidentifikasi hal yang bisa menciptakan gambaran negatif dalam masyarakat mengenai sebuah kebijakan atau tindakan dijalankan.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Public Relations

Seorang public relations diharuskan untuk mempunyai beberapa keahlian. Keahlian tersebut dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan public relations. Keahlian yang diharuskan mereka miliki yaitu:

#1 Komunikasi

Dalam keseharian mereka akan intens berkomunikasi dengan orang baru seperti klien, partner bisnis dan lain sebagainya. Sehingga dibutuhkan skill ko)munikasi yang baik, agar terjalin hubungan mapun relasi yang baik. Komunikasi ini perlu dilatih serta ditingkatkan, karena terdapat cara komunikasi yang berbeda terhadap hubungan bisnis, negosiasi, serta membangun relasi.

#2 Bahasa

Kendala yang cukup besar dalam sebuah komunikasi adalah perbedaan bahasa. Komunikan dengan komunikator hendaknya memahami maksud diantara keduanya ketika menyampaikan sesuatu hal. Penyampai pesan akan merasa kesulitan apabila tidak memahami bahasa yang berbeda.

Baca Juga  Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Berbantuan Simulasi Multimedia PhET

#3 Membangun Relasi

Dibutuhkan orang yang memiliki ke ahlian dalam membangun relasi yang baik, apabila sebuah perusahaan maupun organisasi ingin membangun relasi dengan perusaahan, organisasi lain. Membangun relasi dalam pekerjaan merupakan tugas seorang public relations. Keahlian tersebut akan menjadi skill yang utama yang harus dimiliki.

#4 Kemampuan Menulis

Public relations diharuskan mempunyai kemampuan dalam merangkum maupun membuat kalimat yang baik lewat kata-kata yang disusun. Hal tersebut dilakukan dengan maksud informasi tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Bisa dalam penyusunana kata ataupun kalimat yang terstruktur, rapi serta mudah di ingat merupakan bagian dari kemampuan menulis.

#5 Bernegosiasi

Negosiasi merupakan salah satu kemampuan yang tidak kalah penting yang harusnya dimiliki seorang public relations. Mengapa demikian? Karena mereka akan berhadapan dengan klien, tim dari perusahaan maupun sesama public relations dari perusahaan yang akan di ajak kerja sama.

Penutup

Public Relations menjadi bagian dari manajemen perusahaan yang sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan dari perusahaan . Demikianlah yang dapat kami uraikan mengenai Penjelasan Public Relations : Pengertian, Tugas, Fungsi dan Keahlian. Semoga informasi yang kami jabarkan bisa memberikan manfaat.

Tingkatkan pengaruh dan visibilitas Anda dalam dunia Public Relations dengan bergabung dalam publikasi kami di Publikasimedia.com! Mari kita berbagi wawasan, strategi, dan praktik terbaik untuk membentuk masa depan PR yang lebih cerdas dan efektif bersama-sama. Segera kirim kontribusi Anda dan menjadi bagian dari perubahan positif dalam industri ini!

Scroll to Top
Open chat
Hallo, Kami siap membantu masalah Anda.